Gejala-gejala Demam Berdarah (DBD) Pertama Kalinya

Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang muncul disebabkan karena adanya virus dengue di dalam tubuh. Nyamuk demam berdarah banyak berkembangbiak di tempat-tempat yang kotor dan ada banyak genangan airnya. Oleh sebab itu, selalu bersihkan tempat-tempat disekitar anda agar tak terkena demam berdarah (DB).

gejala demam berdarah atau db
Gejala demam berdarah dan pencegahannya

Banyak orang yang tak sadar sebenarnya ia sudah terkena demam berdarah. Gejala demam berdarah sendiri cukup bervariasi dan di beberapa orang sulit sekali untuk dideteksi. Namun meskipun demikian, tetap ada gejala umum yang menjadi pedoman terkena DB atau tidak. Berikut beberapa gejala demam berdarah dengue (DBD) yang bisa anda pelajari selengkapnya.

Tanda-tanda Demam Berdarah Dengue (DBD) Pertama Kalinya

  1. Demam tinggi selama beberapa hari

Demam mungkin sudah biasa dialami oleh anda dan anak-anak. Akan tetapi jangan salah, demam berdarah gejala DB memiliki ciri khusus, yaitu bersiklus. Mula-mula demam akan tinggi selama 1 mingguan, lalu demam akan mereda dan seolah sembuh selama 2 hari. Namun ia akan kembali meningkat lagi dan bahkan bisa lebih parah.

  1. Badan mengigil

Tak hanya demam saja, tanda demam berdarah juga diikuti dengan mengigil. Orang jawa menyebutnya dengan adem panas. Gejala mengigil sangat terasa sekali pada anak-anak, meskipun orang dewasa juga demikian.

  1. Tubuh lemas dan tak bersemangat

Demam berdarah mengakibatkan trombosit dalam tubuh menurun drastis. Kondisi semacam ini mengakibatkan tubuh menjadi lemas dan tak bertenaga, dan bahkan beberapa orang bisa merasa pingsan.

Itulah beberapa gejala demam berdarah (DBD) yang bisa kami sajikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *