Gejala Penyakit Diabetes Melitus Kencing Manis

Diabetes atau kencing manis masih termasuk salah satu penyakit berbahaya yang banyak ditakuti oleh masyarakat modern kali ini. Meskipun tidak seganas serangan jantung dan kanker, tapi sampai saat ini diabetes belum ada obatnya.

Untuk penderitanya sendiri hanya bisa mengontrol kadar gula darah agar tidak naik terlalu tinggi, sebab jika terlalu tinggi akan sangat berbahaya untuk kesehatan tubuhnya sendiri.

Indonesia sendiri menduduki peringkat kedua sebagai negara dengan tingkat penderita diabetes tertinggi di Asia Tenggara. Banyak masyarakat yang belum tau bahwa sebenarnya ia sudah terkena diabetes.

Nah untuk mengetahui apakah anda sudah terserang atau belum simak beberapa gejala diabetes melitus atau kencing manis berikut ini.

gejala penyakit diabetes melitus atau kencing manis
gejala penyakit diabetes melitus atau kencing manis
  1. Kebas atau mati rasa

Biasanya mati rasa terjadi pada bagian jari kaki dan tangan. Munculnya mati rasa tersebut disebabkan karena kadar gula darah yang tinggi membuat saraf sulit menyampaikan sinyal ke otak.

Namun anda tak perlu cemas, sebab mati rasa tersebut akan sembuh dengan sendirinya seiringan dengan menurunnya kadar gula darah dalam tubuh. Oleh sebab itu, lebih baik jaga kadar gula darah tetap normal.

  1. Sering kencing

Sering kencing di malam hari juga bisa menjadi gejala penyakit gula. Ketidakmampuan ginjal dalam menyaring darah yang bercampur gula membuat banyak air seni yang terbuang.

Untuk mengimbangi cairan yang keluar sebaiknya anda mengonsumsi banyak cairan. Misalnya dengan konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari atau sekitar 2,5 liter dalam satu hari.

  1. Penglihatan menjadi kabur

Gejala diabetes melitus yang terakhir adalah penglihatan menjadi agak kabur. Akan tetapi anda tak perlu cemas, sebab kondisi akan kembali seperti semula setelah kadar gula darah berangsur normal.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *